Mengenal JQuery Framework

Jquery merupakan salah satu dari sekian banyak framework yang digunakan dan memiliki pengguna paling banyak . Jquery merupakan pustaka JavaScript yang dibangun untuk mempercepat dan memperingkas serta menyederhanakan manipulasi dokumen HTML , penanganan Event  ,animasi dan interaksi Ajax untuk mempercepat pengembangan web. Dengan Jquery Developer akan dimanjakan dengan suatu pemrograman javascript yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan native javascript.sebelum anda mulai memperlajari Jquery , anda lebih baik mempunyai pengetahuan dasar mengenai HTML , CSS dan Javascript .ada pun kemampuan yang dimiliki library javascript antara lain:
·         Mampu mengakses halaman tertentu dengan mudah.tanpa adanya library javascript khusus untuk mengakses suatu bagian tertentu dari halaman , anda harus mengikuti aturan –aturan document Object model (DOM) dan pengaksesan harus secara spesifik  menyesuaikan dengan struktur HTML ,Jquery menawarkan cara mudah untuk mengakses bagian tertentu dari suatu halaman.
·         Mampu mengubah tampilan bagian tertentu – CSS (Cascading Style Sheet) menawarkan metode yang cukup andal dalam mengatur dan mempercantik halaman web . namun CSS mempunyai kelemahan m yaitu beberapa perintah CSS tidaka didukung oleh semua browser. Cukup merepotkan jika anda harus mendesain halaman web dengan beberapa CSS sekaligus.Jquery menawarkan solusi untuk mengatasi hal tersebut . dengan Jquery , kesenjangan yang terjadi antara browser dalam urusan CSS akan dapat teratasi dengan baik.
·         Mampu mengubah isi dari halaman – sebelum jquery ditemukan , cukup sulit jika nada ingin mengubah sebagian isi dari halaman web. Mengubah disini dapat berarti mengganti teks , menambahkan teks atau gambar , mengurutkan suatu daftar atau list m menghaps baris table dan sebagainya. Dengan jquery , hal tersebut dapat dilakukan dengan hanya beberapa baris perintah.

·         Mampu merespon interaksi user dalam halaman – website yang baik tidak cukup digambarkan dnegan user interface dan tampilan yang menarik . namun lebih dari itu , bagaiman pengunjung dapat berinterkasi dengan website dan dapat mengatur tampilannya sendiri.interaktivitas sangat bergantung  bagaimana pemrograman yang dipakai dalam menangani event-handling . javascript sendiri memiliki beberapa event – handling seperti onclick untuk menangani event saat terjadi click . namun demikian , event handling pada javascript terbatas pada objek – objek tertentu dan jenisnya pun terbatas. Jquery melengkapu semuanya dengan tambahan penanganan event-handing yang semakin mudah.
·         Mampu menambahkan  animasi  ke halaman – animasi seringkali disertakan untuk mempercantik sebuah halaman website . saat ini animasi masih cukup digemari oleh para peselancar situs . animasi dapat dibuat dalam berbagai gaya, bias menggunakan flash , gambar bergerak (GIF) , video dan sebagainya. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Jquery menawarkan konsep animasi yang cukup baik dan ramah bandwidth . salah satu animasi yang bias dibuat dengan Jquery adalah fading. Jika terdapat suatu bagian dari halaman dapat ditambahkan atau dihilangkan.

·         Mampu mengambil informasi tanpa refresh seluruh halaman – mengambil informasi dari server tanpa merefresh halaman merupakan konsep dasar  dari AJAX (Asynchronous Javascript and XML).pada penerapannya , cukup ribet jika harus membangun sebuah website dengan konsep AJAX.Saat banyak library yang berusaha mempermudahnya , salah satunya Jquery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar