Struktur kendali perulangan pada PHP

Struktur kendali perulangan digunakan untuk mengulang suatu perintah sebanyak yang di inginkan . ada tiga jenis perintah perulangan dalam PHP yaitu FOR , WHILE dan DO –WHILE.

Perintah For
Perintah for digunakan untuk mengulangi suatu perintah dengan jumlah pengulangan yang sudah diketahui . pada perintah ini tidak perlu menuliskan suatu kondisi untuk di uji , kita hanya perlu menuliskan nilai awal dan akhir variable penghitung . nilai variable penghitung akan secara otomatis bertambah atau berkurang tiap kali sebuah pengulangan dilaksanakan. Sintak penulisan FOR adalah sebagai berikut :
<?php
for($x=1;$x<=7; $x++){
 print(“ini adalah contoh heading”);
 }
//contoh lainnya -1 
for($i=1;$i<10 data-blogger-escaped-br="" data-blogger-escaped-echo="" data-blogger-escaped-for="" data-blogger-escaped-i="" data-blogger-escaped-x="1;$x<$i;$x++)">';
}
//contoh lainnya -2
for($i=1;$i<100 data-blogger-escaped-br="" data-blogger-escaped-echo="" data-blogger-escaped-for="" data-blogger-escaped-i="" data-blogger-escaped-x="1;$x<$i;$x++)">';
}
//Contoh lainnya -3
for($i=1;$i<=15;$i=$i+2)
{
  for($j=0;$j<$i;$j++)
 {
    echo '*';
 }
 echo'';
} 
?>

Perintah While
Digunakan untuk mengulangi suatu perintah sampai jumlah yang belum bias ditentukan . pengulangan akan terus berjalan selama kondisi masih bernilai benar. Sintaks perintah While adalah sebagai berikut : WHILE(kondisi){ Pernyataan yang akan di jalankan } Contoh Penggunaan While :
<?php
$i=1;
While($i <= 9){
 print(“ini pengulangan ke - $i”);
 $i++;
}
?>
Perintah DO – WHILE
Dengan perintah do while , proses pengulangan akan terus dikerjakan jika kondisi yang diperiksa di WHILE masih bernilai benar. Proses pengulangan akan di hentikan jika kondisi bernilai salah. Sintak penulisan sbb : DO{ Pernyataan yang dijalankan } WHILE(Kondisi); Perbedaan antar While dengan Do-While adalah letak dari kondisi yang diperiksa . pada perintah while ,kondisi yang diperiksa terletak di awal perulangan , sehingga sebelum masuk kedalam perulangan WHILE harus bernilai benar . sedangkan pada perintah DO- WHILE kondisi diperiksa pada akhir perulangan ini berarti paling sedikit perintah perulangan dilakukan oleh perintah DO-While ,karena unutk masuk ke perulangan tidak ada kondisi yang harus dipenuhi. Contoh perulangan Do-WHILE :
<?php
$i=1;
do{
 print(“ ini juga perulangan ke $i ”);
 $i++;
}
While($i <= 6); 

$j=5;
do{
 print(“perulangan ini kondisinya tidak terpenuhi”);
 $j++;
}
while($j <=  3); 
?>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar