Struktur kendali percabangan pada PHP



Struktur kendali merupakan pengaturan aliran program , mempunyai rangkaian perintah yang harus ditulis untuk memenuhi beberapa keadaan , yaitu :
1.       Mengulang suatu perintah jika kondisi terpenuhi.
2.       Melanjutkan sebuah pernyataan bila kondisi terpenuhi.
3.       Memilih sebuah pilihan dari beberapa alternative bila kondisi terpenuhi.

Struktur kendali dapat dibagi menjadi 2 jenis , yaitu struktur kendali percabangan (pengambilan keputusan ) dan struktur kendali perulangan(looping).

Struktur kendali percabangan

Struktur kendali percabangan (pengambilan keputusan ) adalah struktur kendali yang berfungsi untuk melakukan pemilihan atas perintah yang akan di jalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Ada 4 perintah percabangan dalam PHP yaitu , if , if .. else , if .. else if dan swicth .

Perintah If
Perintah if dijalankan untuk menjalankan satu atau lebih perintah berdasarkan satu kondisi.sintaks penulisan if adalah sebagai berikut.

IF(kondisi){
Pernyataan yang akan diajalankan apabila kondisi benar
}

Pada bentuk ini , bagian penyataan dijalankan apabila kondisi benar (TRUE) ,berikut adalah contoh penggunaan if :
<?php
$x=12;
if($x>10)
{
 print("Selamat Siang");
}
?>
Perintah IF Else
Perintah IF – Else digunakan untuk memilih salah satu pernyataan berdasarkan satu kondisi. Perintah ini akan menajalankan pernyataan tertentu bila kondisi bernilai benar dan akan menjalankan pernyataan lai jika kondisi bernilai salah . sintaks penulisannya adalah sebagai berikut : IF(Kondisi) { Pernyataan 1 } Else { Pernyataan 2 } Pada bentuk ini pernyataan 1 dijalankan jika kondisi bernilai benar dan pernyataan 2 dijalankan apabila kondisi bernilai salah . contoh penggunaan IF-Else sebagai berikut :
<?php
$x=9;
if($x>10)
{
 print("Selamat Siang");
}else{
 print("Selamat Pagi");
}
?>

Perintah IF – ELSE IF 
IF Perintah IF – ELSE IF digunakan unutk menjalankan suatu pernyataan dengan meibatkan lebih dari satu kondisi. Sintaks penulisannya sebagai berikut . IF(kondisi 1) { Pernyataan 1 } ELSE IF(kondisi 2) { Pernyataan 2 } ELSE { Pernyataan 3 } Pada bentuk ini pernyataan 1 akan dijalankan kalau kondis 1 bernilai benar , dan pernyataan 2 akan dijalankan apabila kondis 2 bernilai benar sedangkan pernyataan 3 di jalankan apabila kondisi 1 dan kondisi 2 bernilai salah , Contoh penggunaan IF –ELSE IF :
<?php
$waktu=getdate();
if($waktu[hours]<=10)
{
 print("Selamat Pagi");
}
elseif($waktu[hours]<=15)
{
 print("Selamat Siang");
}
elseif($waktu[hours]<=18)
{
 print("Selamat Sore");
}
else
{
 print("Selamat Malam");
}
?>

Perintah Switch 
Perintah switch di gunakan sebagai alternative pengganti dari perintah if..else if .dengan perintah ini program percabangan akan lebih mudah dibuat dan di pelajari . sintaks penulisan perintah switch adalah sebagai berikut : Swicth (kondisi1){ Case”pernyataan 1 ”: Pernyataan 1; Break ; Case “pernyataan 2”: Pernyataan 2; Break; Default: Pernyataan 3; } Perintah switch akan menyeleksi kondisi yang diberikan dan membandingkan hasilnya dengan konstanta –konstanta yang berbeda pada case. Pembandingan akan dimulai dari konstanta 1 sampai konstanta terakhir. Jika hasil dari kondisi sama dengan nilai konstanta terntentu maka pernyataan pada konstanta tersebut akan dijalankan sampai ditemukan pernyataan break. Jika hasil dari kondisi tidak ada yang sama dengan konstanta – konstanta yang diberikan , maka pernyataan pada default yang akan dijalankan. Berikut contoh pengggunaan switch :
<?php
$english_day=date("l");
switch($english_day){
case "Monday":
 $indonesian="Senin";
 break;
case "Tuesday":
 $indonesian="Selasa";
 break;
case "Wednesday":
 $indonesian="Rabu";
 break;
case "Thursday":
 $indonesian="Kamis";
 break;
case "Friday":
 $indonesian="Jumat";
 break;
case "Saturday":
 $indonesian="Sabtu";
 break;
default:
 $indonesian="Minggu";
}
print("

Hari ini adalah hari $indonesian

"); ?>
 
 

1 komentar:

  1. Terima Kasih Atas materi Struktur kendali percabangannya, sangat mudah untuk dimengerti untuk pemula seperti saya. Perkenalkan nama saya Muhamad Asfarezhan, Nim 1922500056. Saya dari ISB Atma Luhur Kota Pangkalpinang. Web kami https://www.atmaluhur.ac.id Jika ada waktu boleh untuk diliat - liat. Sekian dari saya terima kasih dan terus berkarya

    BalasHapus