Perbedaan Server Side Scripting Dan Client Side Scripting

Client Side Scripting
Client side scripting adalah salah suatu jenis Bahasa pemrograman web yang proses pengolahannya di lakukan di sisi client . proses pengolahan client scriting dilakukan oleh web browser sebagai clientnya.didalam web browser terdapat library yang mampu menterjemahkan semua perintah yang ada pada halaman web yang menggunakan client side scripting.library ini disebut juga sebagai web engine masing-masing web browser memiliki enginee web yang berbeda-beda. Itulah mengapa script yang sama dapat ditampilkan berbeda dengan layout berbeda –beda di web browser yang berbeda ,karena masing – masing web engine menggunakan metode penerjemahan yang berbeda .untuk mengindari hal tersebut maka gunakanlah web browser yang telah mengikuti standard an telah di sertifikasi oleh world wide web consortium (W3C). selain itu ,gunakanlah style penulisan perintah client side scripting yang standar sesuai dengan W3C . Misal untuk penulisan HTML gunakan lah style pernulisan Extensible Hyper text Markup Languede (XHTML) yang sudah menjadi standar internasional.

Server Side Scripting
Server side scripting adalah Bahasa pemrograman web yang pengolahannya dilakukan di sisi server. Maksud server di sini adalah web server yang di dalamnya mengintegrasikan komponen web engine.Tugas web engine adalah memproses semua  script yang termasuk kategori client side scripting di dalam dokumen web .web engine biasanya harus di install di dalam computer terlebih dahulu sebagai bagian terpisah dari web server.server side scripting adalah HTML embedded . maksudnya adalah server side scripiting dapat disisipkan kedalam dokumen web yang menggunakan HTML atau sebaliknya. Berikut contoh server side scripting:
·         Active servcer pages (ASP) adalah Bahasa pemrograman milik Microsoft yang berbayar. Web engine yang mampu memproses ASP adalah ASP engine yang terdapat satu paket di dalam web server Internet Information Service (IIS) atau terdapat dalam web server Personal Web Server (PWS). Web server IIS hanya dapat dijalankan di platform yang berbasis windows (Windows NT 4.0 , Win Xp ,Win 7 , Win 8, Win 8.1 ,Win 10 dan windows server ) .windows server PWS  hanya dapat berjalan pada windows 95/98 .kedua apliksai web server tersebut dapat ditemukan dalam CD intaller masing-masing windows. Web server IIS dan PWS merupakan aplikasi tambahan yang harus di install tersendiri dan tidak otomatis terinstall ketika proses instalasi windows dilakukan. Jenis script yang digunakan untuk ASP adalah VBScript dan Jscript (Java Script yang di kembangkan khusus oleh microsoft).
·         PHP (hypertext Preprocessor ) adalah Bahasa pemrograman web berbasis oopen source . penemunya adalah Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 . pemrosesan script PHP dilakukan oleh PHP engine yang harus di install secara terpisah . web server yang mendukung PHP adalah web server Apache dan Web server IIS. Untuk web server IIS harus dilakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu . hal ini dikarenakan web server IIS produk buatan Microsoft sementara PHP adalah produk open source sehingga untuk bias berjalan di lingkungan web server windows maka PHP perlu di perkenalkan terlebih dahulu.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar